Penyebab Kutu air (Rangen) adalah

Diet Wanita
Kutu air (Rangen) adalah jenis penyakit yang asalmulanya disebabkan oleh jamur. Umumnya terjadi di kaki meskipun sebenarnya dapat pula terjadi pada berbagai bagian tubuh lain seperti tangan,pangkal paha,dan kulitkepala. yang sering terjadi dari hasil survei adalah bagian tubuh kita yang sering basah alias jarang sekali terkena sinar matahari secara langsung, karena berhimpitan dan pastinya akan terus bergesekan sehingga menimbulkan luka setelah awalnya luka itu mudah di masuki kuman atau jamur.

Jamur yang menyebabkan kutu air hanya berkembang pada kondisi tertentu. Lingkungan yang lembab dan hangat merupakan tempat favorit bagi jamur. Seseorang yang memakai sepatu dalam waktu lama akan membuat kaki cenderung lembab sehingga akan memicu pertumbuhan jamur. Saat jamur tumbuh, kulit memproduksi lebih banyak sel untuk mengganti sel yang rusak. Itu sebab, kulit yang terkena kutu air nampak bersisik. Memakai sepatu basah, sepatu plastik, atau kaus kaki basah dapat menyebabkan infeksi jamur pada kaki. Kaki yang sering terkena air seperti saat mencuci juga akan memperbesar risiko tumbuhnya jamur kutu air.

*Gejala Kutu Air

Sebagian besar gejala kutu air mirip dengan penyakit kulit lainnya seperti kurap. Berikut adalah tanda dan gejala kutu air:
  1.Kulit gatal dan merah
  3.kulit yang berdempetan sehingga bergesekan memnyebabkan iritasi.
  2.Kulit kering dan bersisik
  3.Rasa panas antara jari kaki dan pada telapak kaki
  4.Lepuh yang mungkin berisi nanah
  5.Pembengkakan kulit Selain ini, jamur onikomikosis (onychomycosis) juga dapat berkembang yang membuat kuku kaki menjadi tebal, rapuh, dan berubah warna.

Kutu air termasuk penyakit menular yang dapat menyebar dari manusia ke manusia atau dari hewan ke manusia. Pada manusia, penularan terjadi ketika terjadi kontak kulit langsung. Di sisi lain, jamur kutu air juga bisa menyebar dari berbagai medium. Sebagai contoh, penularan jamur bisa terjadi dari air kolam renang dan air mandi. Demikian pula, menggunakan pakaian atau handuk milik orang yang terinfeksi juga dapat menyebarkan kutu air. Kutu air yang tidak kunjung diobati berpotensi menyebar dari kaki ke bagian tubuh lain. Kutu air bisa diobati dengan obat anti jamur yang diambil secara oral atau dioleskan pada kulit. Jika infeksi jamur disertai dengan infeksi bakteri, dokter mungkin juga meresepkan antibiotik. Untuk mencegah kutu air, pastikan kaki (termasuk sela-sela jari) dalam kondisi kering setelah mandi.
Demikian pula, sepatu dan kaus kaki harus bersih, kering, dan berventilasi baik. Saat mencuci pakaian, gunakan penutup kaki agar terhindar dari paparan air yang bisa memicu kutu air.

Jamur kaki atau yang disebut juga kutu air, adalah serangan jamur yang biasanya menyerang kulit yang terletak di antara jari kaki. Bagian kaki yang terinfeksi menjadi terkelupas, merah, dan gatal. Selain itu, daerah yang terkena menjadi kering diikuti oleh pembentukan lepuhan. Kutu air juga bisa mempengaruhi kuku sehingga membuatnya menjadi rapuh dan mudah patah. Kebiasaan mengenakan kaus kaki lembab atau kaki yang sering terkena air membuat kulit rentan mengalami kutu air. Selain obat-obatan kimia, kutu air bisa diobati menggunakan berbagai obat-obatan alami yang bisa ditemukan dengan mudah.

*Berikut adalah pengobatan alami untuk kutu air.


  • Minyak kelapa: Minyak kelapa sangat efektif untuk membersihkan jamur. Minyak kelapa memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan jamur sehingga ideal digunakan untuk menyembuhkan kutu air.Asam laurat merupakan komponen penting minyak kelapa yang memiliki sifat anti jamur dan anti inflamasi. Selain menjadi agen anti jamur yang baik, minyak kelapa juga efektif melembabkan kulit. Oleskan minyak kelapa ke daerah yang terkena kutu air, dan biarkan bahan aktifnya melawan kutu air.

  • Tea tree oil (minyak pohon teh): Herbal lain yang berkhasiat meredakan kutu air adalah tea tree oil. Oleskan minyak herbal ini ke daerah yang mengalami infeksi untuk membunuh mikroba serta mempercepat penyembuhan kutu air. Meskipun mungkin tidak sepenuhnya menyembuhkan kutu air, tea tree oil efektif untuk meningkatkan penampilan kulit. 

  • Cuka apel: Jamur pada kaki akan menyebabkan pH kulit menyimpang dari batas normal. Mengembalikan nilai pH pada kulit merupakan salah satu cara membebaskan kulit dari serangan jamur kutu air. Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang dikenal mampu membantu mengatur pH kulit. Buat larutan cuka apel dan air dengan perbandingan satu banding satu. Rendam kaki yang terkena kutu air dalam larutan tersebut selama minimal 20-25 menit setiap hari.

  • Air garam: Salah satu cara paling sederhana menyembuhkan kutu air yaitu dengan menggunakan larutan air garam. Larutan air garam hangat dikenal memiliki sifat anti jamur. Campur 2 sendok teh garam dalam baskom berisi air hangat dan rendam kaki selama 10 -15 menit setiap hari. 

  • 5. Teh: Panaskan sekitar 1,5 liter air sampai mendidih. Masukkan 6 kantong teh celup ke dalam air panas. Biarkan air menjadi dingin, kemudian rendam kaki yang terinfeksi selama setengah jam setiap hari. Teh mengandung asam tannic yang tidak hanya menghancurkan jamur tetapi juga membantu mengurangi rasa gatal akibat kutu air.

0 Response to "Penyebab Kutu air (Rangen) adalah"

Post a Comment

Featured post

Manfaat Daun Sirih dan Khasiatnya Untuk Pengobatan Tradisional

  Banyak tumbuhan dimuka bumi ini yang bisa dimanfaatkan untuk ramuan pengobatan tradisional salah satunya yaitu adalah daun sirih.  Ma...