Monday 21 July 2014

Menghilangkan Komedo di Wajah

Menghilangkan Komedo di Wajah
Mari kita bahas bagaimana cara menghilangkan komedo di wajah yang efektif? Komedo adalah salah satu kotoran wajah mirip jerawat yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat kotoran atau kelenjar minyak yang berlebihan. Komedo terbagi atas dua jenis, komedo terbuka (atau disebut blackhead), serta komedo tertutup (atau dikenal dengan istilah whitehead). Blackhead biasanya mudah dilihat dimana pori-pori akan semakin membesar dan timbul seperti bercak atau bintik-bintik hitam. Bintik-bintik tersebut sebenarnya merupakan kotoran yang menyumbat pori-pori, dan berubah warna setelah mengalami proses oksidasi (proses yang disebabkan oleh udara).

Komedo seringkali merepotkan dan memalukan sehingga berujung pada masalah kepercayaan diri seseorang, terutama bagi kaum hawa yang belum tau, ketika dirinya tengah menderita penyakit ini. Munculnya bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh komedo biasanya tidak bisa diprediksi dan dihindari penyebab timbulnya masalah tersebut sehingga membuat kulit (terutama di area sekitar dahi/kening, pangkal hidung, serta dagu) menjadi terlihat kusam dibandingkan kulit normal lainnya.

Faktor penyebab munculnya komedo sendiri ditandai oleh beberapa hal, antara lain disebabkan oleh bakteri yang mengendap di wajah, sel-sel kulit mati yang menumpuk, produksi kelenjar minyak yang berlebih, atau bisa pula karena faktor asupan makanan yang dikonsumsi ternyata tidak cocok dengan tubuh kita (alergi).

Cara Menghilangkan Komedo di Wajah


Berikut beberapa cara yang dapat Kita terapkan untuk membasmi komedo yang ada di wajah kita:

1. Rutin bersihkan Wajah Setiap Hari

Membersihkan wajah kita secara teratur, (minimal 2 kali sehari) merupakan cara paling efektif untuk menghindari masalah kulit. Bukan hanya komedo, jerawat hingga penyakit kulit lainnya dapat diminimalisir lewat berbagai cara yang sudah terbukti. Namun terkadang kegiatan ini seringkali diabaikan atau dianggap remeh bagi orang yang dengan alasan tidak sempat, malas ataupun lupa. Tak heran bila muncul berbagai jenis kuman yang mengendap di kulit dan berkembang dengan mudah di dalam pori-pori. salah satunya khusus pada wajah, tumpukan debu atau bekas kosmetik yang sering menggunakannya, (terutama bedak) akan mudah menimbulkan masalah baru di wajah dan menyebabkan timbulnya berbagai jenis penyakit, termasuk komedo.

2. Menggunakan Produk Pembersih Wajah yang sudah terpercaya

Selain rutin membersihkan kulit wajah, kita juga harus rajin mengangkat sel kulit mati yang menjadi salah satu faktor penyebab wajah kusam dan tersumbatnya pori-pori kulit. Hal ini tentu saja akan merusak kondisi kulit, sehingga masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo mudah menyerang. Bila sudah terlanjur muncul, komedo bisa ditanggulangi dengan menggunakan produk pembersih untuk wajah. Pilihlah produk pembersih yang mengandung butiran scrub agar dapat membersihkan sisa sel-sel kulit mati yang tidak mampu terjangkau air biasa. Scrub bekerja untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan bekas kotoran hingga ke dalam pori-pori wajah, sehingga merangsang pergantian sel kulit yang baru. Belakangan ini, banyak juga beredar produk plester pembersih komedo yang lebih praktis dan efisien.

0 comments

Post a Comment

POPULER