Wednesday 23 July 2014

Manfaat Daun Sirih dan Khasiatnya Untuk Pengobatan Tradisional

Manfaat Daun Sirih dan Khasiatnya Untuk Pengobatan Tradisional
 Banyak tumbuhan dimuka bumi ini yang bisa dimanfaatkan untuk ramuan pengobatan tradisional salah satunya yaitu adalah daun sirih. Manfaat Dau Sirih dan Khasiat Untuk Pengobatan Tradisional. Daun sirih memang terlihat seperti daun-daun pada umumnya, namun daun sirih ini menyimpan beberapa khasiat yang mengandung obat, di masyarakat pedesaan daun sirih adalah tanaman yang diutamakan untuk menginang (orang jawa) untuk pupuh gendongen, untuk pupuh radang mata, untuk meredakan radang tenggorokan dan masih banyak khasiat lainnya. Daun sirih memeiliki antiseptik hampir diseluruh bagiannya, hal inilah yang membuat daun sirih menjadi sangat bermanfaat untuk pengobatan herbal.

 Banyak yang mempercayai daun sirih adalah bisa untuk mengobati berbagai penyakit pada tubuh manusia dan ada juga yang tidak mempercayai yang kemungkinan saat mengobati dengan daun sirih tetapi penyakitnya belum sembuh, masih ada juga orang yang meragukan khasiat dari daun sirih ini karena seringkali manfaat daun sirih hanya kita dengar dari orang tua saja, namun sebenarnya kegunaan akan daun sirih dalam pengobatan herbal sudah teruji secara klinis, bahkan sampai saat ini penelitian tentang tanaman ini masih terus dikembangkan.

Antiseptik yang sudah alami terkandung dalam daun sirih pun tidak seperti yang manusia duga, pada daun sirih terkandung 5x lipat antiseptik dari pada antiseptik pada fenol biasa. hal ini dikarenakan antiseptik yang terdapat pada daun sirih berasal dari turunan zat fenol yang disebut kavikol, yang memiliki kemampuan lebih dari fenol biasa.

Berbagai Manfaat Dau Sirih dan Khasiatnya Untuk Pengobatan Tradisional
 untukpengobatan tradisional :

1. Obat Mimisan (Hidung Mengeluarkan darah). 
Ketika pada hidung kita mengeluarkan darah karena mimisan, maka anda bisa mengobati dengan daun sirih ini, dengan cara daun sirih digulung, dan sedikit di remas-remas sampai keluar sedikit ekstrak daun sirihnya, lalu masukkan gulungan daun sirih tersebut untuk menyumbat hidung anda, selanjutnya tunggu beberapa menit jika memang itu mimisan, segera akan sembuh.

2. Mengobati Batuk. 
Dengan merebus daun sirih beberapa lembar saja yang nantinya akan kita ambil air tersebut lalu minum air rebusan daun sirih nanti akan sembuh, dan ini dilakukan secara rutin 3x dalam satu hari dan lakukan terus menerus sampai batuk reda, jika anda ada dapat menambahkan madu untuk memperkuat khasiat penyembuhannya akan lebih baik.

3. Mengatasi Gusi Berdarah
lakukan perebusan air rebusan daun sirih juga dapat anda gunakan untuk mengatasi gusi yang berdarah, yakni cukup gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur sebanyak 3 kali sehari.

4. Menghilangkan Jerawat
Daun sirih juga memiliki khasiat yang sangat ampuh dalam mengatasi masalah jerawat pada wajah kita, yakni dengan cara tumbuk 10 lembar daun sirih sampai halus kasar kemudian seduh dengan 2 gelas air mendidih, tunggu sampai dingin lalu gunakan air tersebut untuk membilas wajah anda! lakukan secara rutin 2-3 kali sehari.

5. Mengobati Bisul
untuk masalah bisul, cukup dengan mengoleskan hasil tumbukan halus daun sirih yang telah dibersihkan ke permukan yang terdapat bisul.

6. Korengan dan Gatal-gatal
Rebus 20 lembar daun sirih sampai mendidih, biarkan air sampai agak dingin (hangat) dan gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh bagian tubuh yang terkena korengan dan gatal-gatal.

7. Menghilangkan Bau Mulut
Bau mulut terkadang membuat kita tidak nyaman ketika sedang berbicara dengan orang lain, dan untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat menggunakan daun sirih sebagai pilihan. Anda dapat mengunyah daun sirih secara langsung sampai beberapa menit, dan lalukakn secara rutin. Atau dapat juga dengan menggunakan air rebusan 5-6 lembar daun sirih untuk berkumur, dan lakukan tiap pagi dan sore hari.

Selain 7 manfaat diatas, daun sirih juga masih memiliki lebih banyak lagi manfaat yang belum banyak diketahui oleh orang umum, dan dibawah ini adalah sedikit diantaranya :

Mengobati Diare
Menghilangkan alergi dan gatal-gatal
Mengobati Penyakit Bronkitis
Mengatasi radang Tenggorokan
Mengobati Sariawan

Masih banyak lagi manfaat dan khasiat daun sirih yang tidak dapat saya jelaskan secara mendetail di blog ini, semoga tulisan mengenai manfaat daun sirih ini bisa bermanfaat untuk kesehatan kita.

0 comments

Post a Comment

POPULER